Pelatihan Konsultan Manajemen Kesehatan (KMK) Pratama Angkatan XXVIII IKKESINDO

Senin, 19 April 2021 telah dilaksanakan pembukaan pelatihan Konsultan Manajemen Kesehatan (KMK) Pratama Angkatan XXVIII yang diselenggarakan oleh Ikatan Konsultan Kesehatan Indonesia (IKKESINDO). Setelah pembukaan oleh Ketua Umum IKKESINDO dilanjutkan penjelasan umum tentang IKKESINDO oleh Dr. dr. Supriyantoro, Sp.P, MARS dan penjelasan Permenkes 18/2019 tentang Konsultan Manajemen Kesehatan oleh drg. Naydial Roesdal, MSc.PH,FICD.. Pelatihan KMK Pratama Angkatan XXVIII akan dilaksanakan tanggal 19-29 April 2021.

Pada akhir sesi peserta diberikan penjelasan terkait dengan Learning Management System (LMS) oleh Bapak M.Luthfy Yasin dari UPQuality. Dalam pelatihan KMK Pratama ini LMS dapat diakses melalui ivtc.ikkesindo.cloud. LMS tersebut digunakan sebagai portal pembelajaran Pelatihan KMK Pratama IKKESINDO yang diselenggarakan secara Online. Peserta dapat mendownload materi pelatihan serta mengupload tugas melalui LMS.

Hari kedua pelatihan tanggal 20 April 2021, mulai memasuki materi pembelajaran Modul 4 (Menerapkan Regulasi Pemerintah Bidang Kesehatan), Modul 5 (Mengelola Kontrak di Bidang Kesehatan), Modul 6 (Menerapkan Kepatuhan terhadap Undang-Undang di Sektor Publik Bidang Kesehatan), Modul 7 ( Memantau Pelayanan Kesehatan kepada Klien), Modul 8 (Menggunakan Sumber Daya Kesehatan untuk Mencapai Tujuan Kerja), Modul 9 (Menetapkan Pengaturan Manajemen Kontrak Proyek Kesehatan, Modul 10 (Menerapkan Etika Profesi Konsultan Manajemen Kesehatan).

Pelatihan akan berlanjut dengan materi Modul 1 ( Mendesain Proyek Kesehatan), Modul 2 (Mengelola Proyek Kesehatan), dan Modul 3 (Menutup Proyek Kesehatan). Dalam proses pelatihan, peserta akan didampingi oleh para trainer yang ditunjuk oleh Lembaga Diklat Profesi (LDP IKKESINDO).

Penutupan pelatihan KMK Pratama Angkatan XXVIII akan dilaksanakan tanggal 29 April 2021 dan kemudian dilanjutkan Pra Assesment oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Konsultan Manajemen Kesehatan (LSP KMK) terkait penjelasan Uji Kompetensi yang akan dilaksanakan secara terpisah setelah peserta mengikuti rangkaian pelatihan dan memperoleh Sertifikat Kepesertaan Pelatihan KMK Pratama.



Leave a Reply